The Iron Lady

Image

Kalau ada yang menggemari film bergenre sejarah dan biografi, maka saya adalah salah satunya. haha…

Beberapa waktu lalu saya menonton film Iron Lady, film yang mengisahkan biografi perdana menteri Inggris selama hidupnya, Margaret Thatcher.

Siapa yang tidak mengenai wanita ini. Bahkan ketika di bangku sekolah saya sudah tidak asing dengan istilah wanita bertangan besi. Terlepas dari kebijakan-kebijakan nya yang kontradiktif, namun ada beberapa hal yang menarik dari wanita ini menurut saya.

Pertama, dirinya tegas. Bayangkan pada saat itu Margaret adalah perdana menteri pertama yang berasal dari kalangan perempuan. “Perempuan memimpin?” Ini pertanyaan yang lazim ditanyakan pada waktu itu tentu saja. Ia memimpin selama 11,5 tahun dan mengundurkan diri pada tahun 1990 (1979-1990). Bagi saya perempuan-perempuan yang tegas, kuat, gak cengeng selalu menarik. 

Kedua, konsisten.

Ketiga, dirinya juga sangat terbuka dengan pendapat dan masukan orang lain. Bahkan kerap kali ia mengatakan “shall we have the facts and the discussion afterwards, please

Beberapa dari kebijakannya yang memberikan dampak buruk bahkan hingga saat ini adalah ia menghentikan susu gratis yang sebelumnya diberikan kepada anak-anak, mengurangi public spending salah satunya dengan menghapuskan subsidi pada industri sehingga unemployment meningkat, mengurangi jumlah uang yang beredar untuk menekan inflasi namun pada akhirnya kebijakan ini justru menggandakan inflasi.

Namun sisi baiknya rata-rata upah tenaga kerja meningkat bahkan hingga saat ini dan juga mengurangi rata-rata jam kerja tenaga kerja di Inggris.

Terakhir, sisi buruk yang ia berikan tentu saja pada keluarganya. Pada tahun 1995 pada sebuah pertemuan ia mengatakan, “f I had my time again, I wouldn’t go into politics because of what it does to your family.”

*****

 

 

 

 

2 thoughts on “The Iron Lady

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s