Have Made It

Aku tidak tahu apakah ini menghibur apa tidak? Bukan untukku, tapi untuk siapapun yang belum mendapatkan hasil sesuai yang mereka harapkan.

Jika ada yang pernah bertanya mengapa di antara kita ada yang tidak mendapatkan hasil sesempurna hukum tetuah yang berkata “siapa yang menuai, dia memetik” . Ada juga yang mungkin pusing berpikir tentang prinsip “hemat pangkal kaya”, atau “pisau diasah semakin tajam”.

Percaya deh prinsip itu tidak selamanya working well.

Kenapa demikian? Maka ini saatnya kita melibatkan third party dalam prinsip kita.

Tidak selamanya benih yang baik, disemai dengan baik, berproses dengan baik akan berakhir dengan baik. Mengapa? Karena ada third party yang mengatur prosesnya di luar jangkauan si benih. Anggap saja itu manusia, iklim, atau bencana.

Dalam kasus pisau diasah semakin tajam, setiap hari secara terus-menerus belum tentu akan benar-benar berakhir tajam. Semuanya tergantung pada yang mengasah. Anggap saja suatu hari terjadi sesuatu pada si pengasah maka berakhirlah nasib pisau tajam.

Ini cuma ilustrasi.

Sebenarnya yang ingin aku sampaikan adalah:

Dalam kasus manusia, kita tidak mengontrol skenario kita sendirian. Jadi, jika saja saat ini kita menganggap diri kita sudah berusaha dan dalam segenggam otak kita berpikir bahwa sukses dalam genggaman kita, dan itu tidak benar-benar terjadi, maka percaya deh ini bukan kebetulan atau keberuntungan.

Di dunia ini tidak pernah ada yang namanya kebetulan. Ini karena kita tidak mengontrol nasib kita sendirian. Ada Allah Swt.

Jika hari ini apa yang diusahakan belum berakhir manis, mungkin besok atau lusa doa-doa dan kerja keras itu berbalas. Atau jika bukan lusa, berdoa saja semoga ia menjadi amal kebaikan di sisi-Nya.

Dan tidak perlu takut rezeki itu berpindah atau diambil orang lain karena sejatinya rezeki kita tidak pernah tertukar.

Lebih baik bilang pada diri sendiri, “i have made it”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s