Program Mengajar Anak-Anak Panti Tarbiyatul Yatama

1. Durasi mengajar 2 jam setiap kali pertemuan.
2. Dibuka dengan mengucap salam dan baca Basmallah bersama-sama.
3. Review pelajaran pada pertemuan sebelumnya.
4. Kemudian baru masuk ke pelajaran inti, dan diakhiri dengan Hamdallah.
5. Buat kurikulum pelajaran yang akan diberikan selama sebulan. Supaya terukur kemajuan belajar mereka. Kita gak mau mau sekedar mengajar ‘ecek-ecek’ kan?
6. Setelah sebulan review kembali pelajaran yang telah diberikan selama sebulan tersebut.
7. Ada nonton bareng satu kali setiap bulan. Filmnya yang edukatif dan inspiratif.
8. Yuk, kita siapin cerita-cerita tokoh dan inspiratif untuk mereka. Setiap kali jeda mengajar, kita certain deh…supaya memacu semangat mereka.
9. Jangan lupa hafalin semua nama-nama mereka loh…
10. Mengajar dengan kreatif (Ryza ok banget kalo dalam hal ini, hehe)
11. Sesekali boleh kita pinjemin buku-buku ‘novel dan sejenisnya’ yang kira-kira bisa menginspirasi mereka.
12. Trus kita pantau juga pelajaran di sekolah mereka udah sampai dimana. Supaya mereka juga gak ketinggalan pelajaran di sekolah karena pelajaran yang kita ajarkan justru berbeda jauh dengan yang mereka pelajari.
13. Kita gak tau mungkin, sampai kapan kita akan mengajar di sini. Tetapi selama kita masih punya waktu, kenapa enggak kita berikan yang terbaik untuk mereka? Sehingga dimanapun kita nanti setelah ini, kita nggak akan pernah lupa bahwa kita pernah memberikan sesuatu, sesuatu yang kita punya ke mereka. Semoga jadi amalan tersendiri buat kita. Dan yang paling penting menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi mereka.

For Puspi and Ryza ^^

One thought on “Program Mengajar Anak-Anak Panti Tarbiyatul Yatama

  1. Gugun Gunawan says:

    Assalammulaikum…
    mudah2an apa y udah d brikan kk buat anak2 di MABES TY(sebutan buat yayasan tarbiyatul yatama) bisa brlangsung trus sampai anak2 mampu mengaplikasikannya di khidupan yg akan dtang… smga amal shaleh kk smua dibles oleh Allah SWT…amiin
    salah satu alumni MABES TY

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s